Syafrudin Mulai Salurkan Bantuan Cat untuk Desa

0
114

Setelah sebelumnya mendatangi 898 Desa se-NTB untuk mengantarkan bantuan kursi, Anggota DPR RI dari Dapil NTB, H. M. Syafrudin, ST, MM, kini memulai terobosan baru dengan memberikan bantuan cat untuk tiap desa. Senin, 31 Juli 2017 hari ini, Syafrudin menyalurkannya ke sejumlah desa di empat kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Syafrudin bertemu langsung dengan sejumlah Kepala Desa dan warga desa yang dikunjunginya. Seperti biasanya, Syafrudin tidak mengambil jarak dengan warga yang ditemuinya. Ia bahkan hanya mengenakan sendal jepit saat berkeliling dari desa ke desa.

Kepala Desa Goa, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Mahyuddin, dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasinya atas kehadiran dan kesederhanaan Syafrudin tersebut. Ia menegaskan bahwa pihaknya sangat berterima kasih bisa dibantu walaupun hanya sekadar cat.

“Kami merasa terbantu dengan kehadiran beliau. Ini merupakan yang kedua kali beliau mengunjungi kami,” ujar Mahyuddin.

Mahyuddin mengaku belum memutuskan apa yang akan dilakukan dengan cat-cat yang diberikan Syafrudin. Menurutnya, pihaknya akan terlebih dulu merembukkan penggunaannya. “Kami akan rembukkan perencanaannya apakah untuk mengecat masjid atau kantor desa. Yang jelas akan kami manfaatkan untuk kepentingan umum saja,” tegas Mahyuddin.

Ia menambahkan, sejauh ini, Syafrudin adalah satu-satunya anggota DPR RI Dapil NTB yang pernah menyambangi desanya.

Kepada Syafrudin, ia menyampaikan aspirasi terkait pembangunan atau perbaikan bendungan Tiu Bengkema di Kecamatan Jereweh yang saat ini rusak. Mahyuddin mengemukakan, saat ini hampir seluruh warga di Desa Goa merupakan petani. Karenanya, mereka sangat menggantungkan mata pencahariannya dari hasil pertanian.

Masalahnya, sudah cukup lama bendungan yang mengairi lahan pertanian warga itu mengalami kerusakan. “Irigasinya ada, cuma di bendungnya itu sudah tidak ada, sudah rata dengan permukaan,” tutur Mahyuddin.

Menurutnya, jika bendungan itu bisa diperbaiki, warga di Desa Goa bisa menikmati hasil panen yang lebih melimpah. “Jadi di tempat kami ini, dengan bendungan itu ndak ada, ya kami hanya panen sekali setahun. Sementara di tempat lain ya sudah dua tiga kali setahun. Kami mohon ke beliau, mungkin dibawa di forum pusat, kami minta disampaikan aspirasi masyarakat Jereweh,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika Syafrudin bisa memperjuangkannya, aspirasi ini akan sangat berharga bagi 2000 lebih warga Desa Goa. “Kami menyekolahkan anak-anak kami itu dengan hasil pertanian,” ujarnya.

Terkait harapan ini, Syafrudin menegaskan bahwa apa yang disampaikan oleh Kades dan masyarakat Goa itu akan menjadi hal yang wajib ia suarakan di dalam rapat-rapat pembahasan anggaran.

Hanya saja, Syafrudin menegaskan, keputusan untuk membangun infrastruktur sekelas bendungan memang membutuhkan prosedur administrasi dan keputusan politik yang tidak sederhana. Karena, bisa menyangkut kewenangan kabupaten/kota, provinsi hingga pemerintah pusat.

“Dan memang kalau membangun infrastruktur seperti ini tidak sedikit anggarannya. Juga butuh kesepakatan bersama. Provinsi, Kabupaten Kota dan Pusat,” tegasnya.

Politisi PAN ini menegaskan rangkaian kunjungannya kali ini merupakan bagian dari agenda resesnya. “Saya isi dengan berkunjung ke masyarakat untuk memberikan bantuan sosial. Hari ini saya akan berkeliling ke empat kecamatan. Jereweh, Brang Rea, Brang Ene sama Seteluk. Setiap desa saya salurkan lima galon cat, dua buah rol, lima buah kuas dan satu tempat rol. Insha Allah, semoga bermanfaat,” pungkasnya.

Sumber: SuaraNTB.com

Komentar