HMS Dukung Gelar Pahlawan Nasional untuk TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid

0
143

Upaya Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) agar Tuan Guru Haji (TGH) Muhammad Zainuddin Abdul Madjid menjadi pahlawan nasional terus mendapat dukungan. Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid mendukung penuh hal ini.

Menurutnya, alim ulama besar kelahiran Lombok Timur yang juga pendiri Nahdlatul Wathan (NW) ini sudah sepatutnya diberikan gelar pahlawan nasional atas dedikasinya dalam melawan masa penjajahan. “Beliau pejuang Indonesia, sangat layak, ini sedang dalam proses,” ujar dia di Universitas Hamzanwadi Nahdlatul Wathan (NW), Selong, Lombok Timur, beberapa waktu lalu.

Dia mengaku akan terus mengawal setiap proses agar TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid bisa mendapatkan gelar pahlawan nasional. Sejauh ini, dia sampaikan, belum ada pahlawan nasional yang berasal dari NTB. Bagi HNW, meski belum dianugerahi gelar pahlawan nasional, baginya, TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid sudah menjadi pahlawan bagi setiap masyarakat NTB.

Hidayat menambahkan, gelar pahlawan nasional sudah sepantasnya diberikan kepada TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Dia mengingatkan pemerintah akan jasa besar umat Islam terutama para ulama seperti Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

“Ini seharusnya menjadi bentuk pengakuan dari negara,” tegas dia.

Pembantu Rektor I Universitas Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Khirjan Nahdi menyambut baik dukungan Hidayat Nur Wahid. Dia menerangkan proses persyaratan yang ditetapkan Kementerian Sosial terus dilakukan. “Ini sudah 98 persen selesai yang kami kerjakan. Akan kita berikan ke Kemensos, segala permintaan sudah kami penuhi sesuai standar,” ucap dia.

Kendati sudah hampir rampung, ia justru mengkhawatirkan adanya permainan politik dalam penentuan gelar pahlawan nasional. Ia berharap banyak pada sejumlah warga NTB yang duduk di kursi parlemen untuk membantu hal ini. “Katanya kalau persyaratan semua sudah dipenuhi, selebihnya urusan politik. (Gelar pahlawan nasional) bukan buat beliau, tapi buat kami sebagai masyarakat NTB yang sangat menghargai jasa beliau,” ujarnya.

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Muhammad Syafrudin menegaskan akan mengawal penuh proses pengajuan gelar pahlawan nasional bagi TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Ia meminta NW tidak sungkan untuk meminta bantuan kepadanya dalam perjuangan gelar pahlawan nasional ini. Dia mengklaim sudah bersurat ke Pemerintah Provinsi NTB untuk terus perjuangkan gelar pahlawan bagi TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini berkomitmen memperjuangkan hal ini melalui jalur politik.

“Saya bercita-cita suatu saat ternyata Indonesia memiliki pahlawan yang lahir dari NTB. Daerah lain juga usulkan pahlawannya, tapi saya akan berjuang bagi kampung halaman kita,” kata Syafrudin.

Sumber: Republika (26/2/2017)

Komentar